Monday, September 28, 2020

30 Days Writing Challenge (Day #3 - Memory)

 

Gw orangnya pelupa.

Suami gw suka cerita pengalaman-pengalaman dia waktu kecil, waktu sekolah, dan dia masih inget secara detail. Bahkan nama lengkap temen-temennya aja dia masih inget.

Sementara gw? Ga ada 10% dari ingatan suami gw kayanya. Hahaha.

Banyak memori di masa lalu yang gw ga inget secara detail, tapi kalo berkesan banget pasti gw inget.

Salah satu pengalaman berkesan yang masih gw inget adalah ketika kelas 2 SMA, gw ikut Festival Paduan Suara ITB di Bandung. Itu tahun 2000. Ada banyak pengalaman pertama disitu, makanya berkesan. Pertama kali ikut paduan suara, pertama kali ikut kompetisi besar, pertama kali naik bus rombongan ke Bandung, pertama kali juara, banyak deh.

Bisa tergabung di Paduan Suara pas SMA itu kebahagiaan besar buat gw. Itu semacam pencapaian cita-cita yang tertunda dari SD. Waktu SD kakak gw yang ikut kompetisi padus, dan gw pengen banget jadi kayak dia. Baru pas SMA kesempatan itu datang. Di hari pertama orientasi SMA, Paduan Suara Sinlui tampil untuk menyambut siswa baru, gw lupa mereka nyanyi lagu apa, tapi
gw inget gw terpesona banget ngeliat mereka. I wanted to be like them, I wanted to join them. Waktu ada audisi penyanyi baru, gw ga mau sia-siain kesempatan dan langsung ikut audisi. Beruntung karena gw pernah les piano jadi bisa baca not, dan skill menyanyi udah turunan dari keluarga nyokap. So, tergabunglah gw di Paduan Suara SMAK St. Louis 1, bangganya setengah mati. Disitu gw belajar teknik menyanyi untuk pertama kalinya, dan disitu gw mulai mencintai Paduan Suara. 

Pengumuman kompetisi pun datang. Festival Paduan Suara ITB tahun 2000, sebuah festival bergengsi yang diikuti siswa-siswa seluruh Indonesia. Jurinya yang gw inget waktu itu salah satunya Addie MS. Gw pengen ikut, jelas. Ada audisi lagi untuk bisa ikut kompetisi itu, dan gw percaya diri gw bisa lolos. Tapi, sempet ada drama dong, waktu senior gw bilang kemungkinan gw ga ikut ke Bandung karena kuotanya penuh, gw nangis di taman sekolah, dihibur sama kakak gw, gw sedih banget. Puji Tuhan, beberapa hari berikutnya gw dapet kabar gw bisa ikut ke Bandung. Ga ada yang ga seru dari serangkaian proses persiapan sampai pulang dari kompetisi. Semuanya berkesan dan ga akan pernah gw lupain. Gw bahkan masih inget seragam yang dipake waktu itu, jelek-sejeleknya hahaha, tapi lumayan lah masih bisa masuk final untuk kategori campuran, dan juara 1 untuk kategori females.

Sekarang sih gw udah ga pernah kontak lagi sama temen-teman padus SMA, tapi memori itu ga akan pernah terlupa. Makasih ya, PS SMAK Sinlui angkatan 2000-2002, forever in my mind and my heart.


Note:

Foto ga nyambung sama isi tulisan, karena ga nemu foto2 waktu ikut PS Sinlui, hiks.

No comments: