Tuesday, September 22, 2020

30 Days Writing Challenge (Day #2 - Happiness)



Gw penganut prinsip "bahagia itu sederhana".

Jadi pada dasarnya gw nih gampang dibikin happy, bahkan hanya dengan hal-hal yang kecil.

Lihat langit cerah dan biru, gw happy. Lihat langit senja sore2, gw happy. Bisa masuk kantor lebih pagi dari bos, gw happy. Dikasih duit jajan sama suami, walopun cuma 50rebu, gw happy. Bisa nonton Tonight Show tiap malem di TV, gw happy. Bisa kasih sesuatu buat orang lain, misalnya masakin sesuatu buat orang lain, gw happy. Bisa masak aja gw happy kok, karena dulu sebelum nikah gw ga bisa.

Happiness itu bisa kita dapetin dimana-mana, selama sumbernya dari dalam diri sendiri. I do agree that we can not find happiness dari luar diri kita, karena kita ga bisa kontrol sesuatu yang diluar diri kita, suatu saat kita bisa kecewa. Jadi nyambung sama topik tulisan kemarin sih, lebih baik kita cari dari dalem diri sendiri, coba kenali kepribadian kita dan nanti kita pasti tahu dimana sumber kebahagiaan kita. 

Bicara soal kebahagiaan, pasti relate dengan yang namanya "positivity", berpikir positif. Tapi sejujurnya gw lebih tertarik dengan istilah "toxic positivity". Ada nih temen gw, dia benci banget liat orang yang selalu berpikir positif, menurutnya orang kaya gitu itu "toxic", semua-semua dibilang bagus, ga ada yang jelek, jadinya menjurus ke munafik atau naif.

Menurut gw emang banyak sih orang-orang yang mengidap "toxic positivity" ini, tapi kita juga ga bisa meng-generalisir bahwa semua orang yang banyak memuji-muji itu "toxic". Bisa jadi memang dia sedang belajar untuk berpikir positif setelah selama ini pikirannya negatif mulu, mungkin semacam terapi buat dia. Dan, seburuk-buruknya "toxic positivity" menurut gw masih lebih baik daripada "constant negativity". Itu kan lebih "toxic" dan mematikan. Mematikan hati lo, mematikan hati orang-orang di sekitar lo. 

So, gw mendukung gerakan berpikir positif, karena itu bisa bikin lo bahagia, dan bahagia bikin hati gembira, dan hati yang gembira adalah obat. 


End of day 2 ! 

Hope to see you tomorrow, day 3.

No comments: